Campaign marketing adalah strategi yang digunakan untuk memperoleh traffic dan mencapai marketing funnel. Campaign marketing dapat meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan baru, mencapai tujuan-tujuan tertentu, serta meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, campaign marketing adalah salah satu strategi marketing yang penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Di artikel ini kita akan membahas seputar dunia campaign marketing yang perlu Anda ketahui, mulai dari definisi, tipe, serta tips untuk membuat Campaign Marketing. Mari kita bahas bersama!
Apa itu Campaign Marketing?
Campaign adalah segala usaha yang terorganisir dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Singkatnya, Campaign Marketing adalah usaha yang dilakukan agar perusahaan dapat meningkatkan awareness dari brand mereka dan meyakinkan pelanggan untuk memilih dan membeli produk/jasa dari perusahaan tersebut. Pada dasarnya, campaign marketing memiliki beberapa tujuan, seperti membangun brand image perusahaan, memperkenalkan produk baru, meningkatkan sales, atau untuk mengurangi efek dari berita negatif.
Baca juga : Digital Marketing : Manfaat Hingga Contohnya
Apa Saja Tipe Campaign Marketing?
Ada beberapa tipe campaign marketing yang dapat Anda gunakan dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu pada perusahaan Anda. 8 tipe Campaign Marketing tersebut antara lain :
1. Traditional Media Campaign
Campaign jenis ini mengandalkan media tradisional seperti TV, majalah, radio, dan iklan melalui surat untuk meningkatkan brand awareness dan mempromosikan produk/jasa. Contoh dari campaign ini adalah menaruh iklan produk/jasa Anda ke surat kabar lokal.
2. Seasonal Push Campaign
Campaign jenis ini bertujuan untuk mempromosikan penjualan, produk, atau diskon yang bersifat musiman. Contohnya, ketika tahun baru tiba, berbagai brand membuat iklan di media sosial untuk memberitahu konsumen bahwa ada diskon tahun baru.
3. Product Launch Campaign
Ketika suatu brand meluncurkan sebuah produk baru, biasanya seringkali melibatkan pembuatan campaign marketing untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk dan mengapa konsumen membutuhkan produk baru tersebut. Contohnya, sebuah perusahaan baju meluncurkan produk baru baju khusus berenang wanita dan membuat product launch campaign untuk menargetkan calon konsumen yaitu wanita dengan rentang usia tertentu.
4. Brand Awareness Campaign
Campaign ini mencakup memperkuat awareness pada brand perusahaan dan menawarkan produk/jasa. Pada brand yang sudah besar biasanya menerapkan campaign ini untuk mempertahankan popularitas mereka. Contohnya, membuat blog dan memberikan konten-konten yang relevan dengan target audiens.
5. Rebranding Campaign
Campaign ini digunakan ketika perusahaan ingin mempromosikan perubahan yang penting, seperti nama atau logo perusahaan yang baru. Tidak hanya itu, campaign ini dapat digunakan ketika perusahaan tidak menarik target audiens namun ingin mengurangi berita negatif, sebagai contoh, restoran cepat saji yang dipandang negatif karena makanannya yang tidak sehat dapat menggunakan campaign rebranding untuk mengiklankan pilihan makanan baru yang lebih sehat dan mempromosikan komitmennya untuk mendorong kesehatan para pelanggannya.
6. Brand Launch Campaign
Campaign ini digunakan ketika sebuah perusahaan ingin meningkatkan awareness pada brand yang baru dibangun. Pada campaign ini, brand yang ingin dibuatkan campaign adalah brand dengan target pasar yang baru. Cara memasarkannya biasanya selain dengan menggunakan media sosial yaitu dengan mengirimkan email marketing ke pelanggan sebelumnya untuk menawarkan diskon agar mereka mengetahui dan tertarik ingin membeli brand baru tersebut. Campaign ini serupa dengan product launch campaign.
7. Contest Marketing Campaign
Salah satu contoh mudah dari contest marketing campaign yang sering kita temui di media sosial adalah diadakannya giveaway oleh suatu brand. Giveaway atau contest marketing campaign tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk baru. Kemudian untuk mengikuti contest marketing campaign tersebut, seorang individu harus memfollow akun utama dari brand tersebut dan mention 3 teman pada kolom komentar. Brand tersebut kemudian mengundi pemenang dari kontes tersebut dengan mengirimkan produk baru tersebut secara gratis.
8. Email Marketing Campaign
Penggunaan dari email marketing campaign ini adalah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan untuk memberitahu informasi terbaru seperti adanya diskon, kupon, atau produk/jasa terbaru. Email marketing ini mempermudah Anda dalam membuat konten yang lebih dipersonalisasi dan dapat mengumpulkan feedback dari pelanggan melalui pengisian survey atau kuisioner.
5 Tips Melakukan Campaign Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda!
Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda agar Campaign Marketing Anda efektif.
1. Penggunaan Teknik SMART untuk Menetapkan Tujuan
Teknik SMART ini dapat membantu Anda dalam menetapkan tujuan. Berikut adalah penjabarannya :
S : Specific -> Tujuan yang Anda tetapkan haruslah spesifik dan jelas. Misal, untuk melawan kompetitor, menaikkan brand awareness, dan lainnya.
M : Measurable -> Tujuan yang Anda tetapkan ini dapat diukur untuk melihat apakah campaign Anda gagal atau berhasil. Misalkan dengan membuat target.
A : Achievable -> Apakah memungkinkan tujuan dari campaign tersebut dapat tercapai?
R : Relevant -> Campaign yang Anda buat harus relevan, apakah akan mempengaruhi business growth? Impactnya akan seperti apa terhadap bisnis Anda?
T : Time bound -> Kapan Anda ingin mencapai target tersebut?
2. Menetapkan Target Audiens Anda
Memiliki target audiens yang jelas akan memudahkan Anda dalam membuat campaign yang tepat dengan sasaran. Sesuaikan target audiens dengan informasi yang rinci, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, demografi, hingga minat dan hobi.
3. Kemas Pesan dengan Menarik
Membuat campaign yang sesuai dengan minat dan kepercayaan audiens akan membekas di benak mereka. Pada hal ini Anda perlu melakukan riset untuk mencari ‘pesan’ apa yang relatable dan memiliki value untuk Anda sampaikan ke audiens.
4. Pilih Channel yang Sesuai
Anda harus menentukan channel apa yang ingin Anda gunakan untuk penyampaian campaign tersebut. Jika Anda bingung untuk memilih channel, Anda dapat melihat dari media apa yang sering digunakan pada target audiens Anda. Seberapa sering mereka mencari informasi melalui channel tersebut?
5. Manfaatkan Digital Ads
Terdapat beberapa platform digital ads yang dapat Anda pilih, seperti Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan yang lainnya. Penggunaan Digital Ads dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan target dan mengukur keberhasilan dari campaign.
Itu dia hal-hal seputar campaign marketing yang perlu Anda ketahui mulai dari definisi, tipe, hingga tips untuk membuat sebuah campaign yang efektif.
Membuat campaign marketing yang efektif tentu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Jika Anda kesulitan untuk membuat campaign marketing yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dLogic. Kami akan membantu Anda dalam mengatasi masalah dan menggali potensi dari brand Anda.
Let’s unlock your brand with us!💡