Creative agency adalah perusahaan yang mampu membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Mereka biasanya memberikan solusi inovatif dalam menyusun sebuah campaign. Namun, apa sebenarnya creative agency itu? Apa bedanya dengan digital agency?
Dalam artikel kali ini, kita akan mengupas pengertian creative agency, perbedaannya dengan digital agency, layanan yang ditawarkan, dan bagaimana mereka dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Mari kita simak bersama artikel berikut ini.
Apa Itu Creative Agency?
Creative agency adalah sebuah perusahaan yang membantu para klien menyusun strategi marketing yang inovatif untuk mencapai tujuan bisnis. Umumnya, mereka merupakan spesialis di bidang periklanan, desain, dan teknologi. Namun, layanan yang mereka tawarkan bisa lebih bervariasi.
Creative agency bisa dibutuhkan di industri manapun. Misalnya, Anda adalah pemilik klinik kecantikan dan membutuhkan lebih banyak customer. Anda dapat mempekerjakan creative agency untuk membantu mengoptimalkan website agar dapat menjangkau customer dari sana.
Creative agency berbeda dengan digital agency. Apa saja perbedaannya? Coba kita simak penjelasan berikut ini.
Digital Agency vs. Creative Agency
Creative agency biasanya menawarkan layanan yang cukup luas, mulai dari periklanan, konsultasi, desain, hingga layanan digital. Hal ini menjadikan creative agency sebagai payung besar dari agensi lain, misalnya digital agency atau ad agency.
Di sisi lain, digital agency biasanya hanya menawarkan layanan digital yang lebih mendalam. Misalnya suatu perusahaan butuh mengoptimalkan website mereka dengan SEO, maka digital agency bisa dipekerjakan. Namun, apabila perusahaan yang sama juga membutuhkan video iklan untuk TV atau layanan streaming lain, maka digital agency tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Ad agency lebih cocok dipekerjakan untuk memenuhi kebutuhan itu.
Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa cakupan creative agency tidak terbatas, seperti layanan digital agency. Lalu, apa saja layanan yang bisa ditawarkan oleh creative agency?
Baca juga: Memilih Agensi Digital yang Tepat untuk Bisnis B2B Anda
Layanan Creative Agency
Klien creative agency memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga mereka biasanya menyediakan berbagai layanan. Perusahaan bisa memilih salah satu, beberapa, maupun seluruh layanan yang ditawarkan oleh creative agency.
Berikut beberapa layanan yang umumnya ada di creative agency:
1. Layanan Periklanan
Banyak pelaku bisnis yang mengaku bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan maupun sumber daya untuk membuat dan menjalankan campaign iklan sendiri. Oleh karena itu, mereka lebih memilih mempekerjakan creative agency yang mampu menghasilkan ide hingga menjalankan media campaign.
Agar campaign yang dibuat berhasil, creative agency akan melakukan riset pasar dan menentukan dengan tepat demografi dari klien mereka. Creative agency juga berperan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan campaign tersebut.
2. Layanan Konsultasi
Creative agency biasanya juga menerima layanan konsultasi. Hal yang dapat dikonsultasikan oleh klien antara lain:
- Brainstorming produk atau layanan baru
- Menemukan solusi untuk mengurangi biaya pengeluaran
- Menentukan pasar atau demografi baru yang akan ditargetkan
serta masih banyak lagi. Layanan konsultasi ini bisa berbeda-beda antara creative agency yang satu dengan yang lain.
3. Layanan Desain
Layanan yang satu ini cocok untuk perusahaan yang berniat mengubah citranya di pasaran. Biasanya, perusahaan membutuhkan creative agency untuk membantu menentukan perubahan yang tepat bagi merek dagang mereka.
Perubahan desain yang bisa dilakukan oleh creative agency pun beragam, mulai dari logo baru hingga materi untuk promosi.
4. Layanan Digital
Perkembangan teknologi digital bisa membuat suatu perusahaan kelabakan. Oleh karena itu, hadirnya creative agency bisa membantu mereka menghadapi masalah tersebut.
Dalam layanan digital, creative agency bisa berperan dalam mengoptimalkan website, aplikasi, maupun channel digital lainnya.
Mengapa Creative Agency Penting untuk Bisnis Anda?
Dengan mempekerjakan creative agency, Anda bisa memperoleh banyak manfaat sehingga bisnis menjadi berkembang pesat. Adapun alasan mengapa creative agency penting bagi perusahaan Anda, antara lain:
Memberikan Perspektif Baru
Sering kali perusahaan tenggelam dalam gambaran mereknya sendiri sehingga melupakan gambaran besar bisnis dan tidak mampu menghasilkan ide-ide baru.
Situasinya akan berbeda apabila perusahaan mempekerjakan creative agency. Mereka mampu memberikan perspektif yang dibutuhkan untuk mengembangkan strategi bisnis dan mencetuskan ide-ide segar untuk mencapai tujuan.
Ahli dalam Mengeksekusi
Creative agency adalah tim yang ahli dalam menyusun, sekaligus menjalankan strategi pemasaran. Mereka terdiri dari anggota dengan pengetahuan dan keahlian khusus untuk menghasilkan konten, seperti designer, copywriter, hingga developer.
Mereka juga terbiasa bekerja sama dengan banyak klien sehingga mengetahui cara terbaik dalam membuat dan memaksimalkan konten, menentukan konten yang paling cocok untuk setiap platform, hingga meningkatkan pengalaman pengguna.
Wawasan yang Lebih Beragam
Karena telah bekerja sama dengan klien dari berbagai macam industri, creative agency memiliki wawasan unik terkait industri tersebut. Dengan bantuan mereka, perusahaan dapat mengetahui siapa saja pesaingnya dan bagaimana tren pasar saat ini.
Creative agency juga memiliki wawasan terkait strategi apa yang bisa berhasil dan tidak sehingga mampu meningkatkan keuntungan bagi bisnis secara pesat.
Memiliki Koneksi dan Jaringan Kreator
Sering kali perusahaan juga memiliki sumber daya dan pengetahuan terbatas untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Creative agency bisa menjawab tantangan tersebut.
Mereka memiliki koneksi dan jaringan kreator yang luas untuk mendukung bisnis Anda. Mereka dapat menghubungkan Anda dengan talent, production house, maupun pakar lain untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.
Memproduksi Konten dengan Cepat
Tantangan lain yang juga dihadapi perusahaan adalah produksi konten. Tidak semua perusahaan dapat menangani hal tersebut karena setiap konten membutuhkan pengetahuan dan sumber daya yang berbeda.
Creative agency dapat mengatasinya karena mereka terbiasa membuat konten dengan cepat dan efisien, serta mengetahui hambatan dan kesalahan umum yang terjadi dalam proses produksi konten.
Menghasilkan Konten Berkualitas
Menjaga konsistensi secara kuantitas dan kualitas konten sangatlah sulit. Apabila perusahaan tidak dapat mempertahankan keduanya, maka mempekerjakan creative agency adalah pilihan yang tepat.
Mereka tidak hanya mampu menghasilkan konten dengan cepat, tapi juga berkualitas. Hal ini tentu didasarkan pada kesuksesan klien. Kesuksesan klien adalah kesuksesan bagi mereka juga. Oleh karena itu, creative agency akan bekerja keras dalam menghasilkan konten berkualitas.
Itulah penjelasan mengenai pengertian creative agency dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Kini, Anda memahami bahwa kehadiran creative agency bisa meningkatkan kemajuan bisnis Anda. Namun, memilih creative agency yang sudah terbukti kinerjanya juga tidak kalah penting.
Percayakan pemasaran bisnis Anda pada creative agency dLogic. dLogic terdiri atas para praktisi yang bergerak dalam manajemen bisnis, branding dan marketing yang secara langsung terlibat dalam lingkup pekerjaan perusahaan dari hulu ke hilir sehingga dapat memahami seluk beluk, tantangan serta kebutuhan perusahaan atau brand dengan baik untuk mencapai suatu tujuan bisnis yang Anda inginkan. Hubungi kami sekarang!