Google EEAT adalah salah satu kriteria yang digunakan dalam menilai website. Kriteria ini diatur dalam Search Quality Rater Guidelines yang diterbitkan oleh Google.
Untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian, maka website Anda perlu memenuhi kriteria EEAT. Bagaimana penilaian berdasarkan kriteria EEAT itu dan mengapa kriteria ini penting untuk SEO? Simak penjelasan di bawah ini.
Apa Itu Google EEAT?
EEAT adalah kependekan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness.
Experience: komponen yang menilai seberapa besar pengalaman yang dimiliki penulis terkait topik yang dia bahas.
Expertise: komponen yang menilai sejauh mana penulis menguasai topik yang dia bahas.
Authoritativeness: komponen yang menilai apakah konten berasal dari sumber terpercaya dan berwenang.
Trust: komponen yang mempertimbangkan apakah website akurat dan terpercaya.
Google menilai, apakah konten yang ada di dalam website berasal dari seseorang yang berpengalaman, memiliki kemampuan, ahli, dan terpercaya di topik atau bidangnya.
Kriteria EEAT sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung pada ranking website dalam hasil pencarian. Namun, kriteria ini menjadi indikator untuk mengevaluasi kualitas dan relevansi website pada hasil pencarian.
Lalu, apa pentingnya EEAT bagi SEO?
Mengapa Google EEAT Itu Penting?
Aspek Experience pada EEAT adalah komponen yang baru ditambahkan oleh Google. Ini berarti, Google lebih menghargai pengalaman langsung pada topik yang dibahas di halaman website daripada konten yang berasal dari pengalaman pihak kedua atau ketiga.
Hal ini penting karena banyak pengguna yang ingin mengetahui informasi langsung sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang atau menggunakan layanan tertentu.
Hal ini juga menyiratkan bahwa Google lebih mengapresiasi jika penulis memahami dan menguasai topik yang mereka tulis.
Contohnya, ketika Anda menulis ulasan laptop Asus, maka seharusnya Anda benar-benar menggunakan produk tersebut untuk dapat memberikan ulasan secara lengkap dan akurat. Contoh lainnya, ketika Anda menulis tentang hotel terbaik di Jawa Tengah, pastikan Anda menulis ulasan berdasarkan pengalaman Anda berkunjung ke sana.
Berdasarkan contoh di atas, pengguna tentu akan lebih mempercayai tulisan penulis yang berpengalaman daripada penulis yang belum pernah mengalami atau merasakannya.
Selain menambahkan Experience, Google juga menekankan bahwa komponen Trust adalah komponen terpenting dari EEAT. Menurut Google, pengalaman, kemampuan, dan keahlian akan mendukung penilaian Trust pada suatu website.
Berikut cara memastikan website Anda telah memenuhi EEAT.
Baca juga: Content Pillar: Definisi dan Cara Membuatnya
Bagaimana Google Rater Mengevaluasi EEAT?
Google memiliki pedoman untuk mengevaluasi EEAT. Mereka mengkategorikan website ke dalam 4 kelompok berdasarkan nilai EEAT terendah hingga tertinggi.
Lowest EEAT
Google akan mengelompokkan website ke dalam lowest EEAT atau EEAT terendah apabila penulis atau website tidak ahli dan memiliki reputasi negatif sehingga tidak dapat dipercaya.
Lacking EEAT
Website akan mendapatkan lacking EEAT atau EEAT rendah meskipun reputasinya baik, apabila:
- Penulis atau website tidak memiliki pengalaman memadai dalam topik yang dia tulis.
- Penulis atau website tidak memiliki kemampuan terkait topik yang dia bahas.
- Penulis atau website bukanlah ahli yang berwenang dan bisa dipercaya dalam memberikan informasi.
- Website tidak dapat dipercaya karena tujuannya tidak jelas dan informasi dalam website kurang memadai.
High level of EEAT
Website akan masuk kategori high level of EEAT atau EEAT tinggi bila membagikan pengalaman berharga yang bermanfaat untuk pengguna. Forum pada website juga dapat membuat nilai EEAT tinggi karena melibatkan pengguna yang berbagi pengalaman sehingga website bisa dipercaya.
Very High Level of EEAT
Website akan mendapatkan nilai very high level of EEAT atau EEAT tertinggi apabila:
- Penulis atau website adalah sumber terpercaya yang unik
- Penulis atau website memiliki segudang pengalaman
- Penulis atau website memiliki keahlian tinggi dan menjadi sumber terpercaya di internet.
Kesimpulan
Membuat konten website yang sesuai dengan kriteria EEAT sangat penting. Meskipun tidak memengaruhi ranking SEO secara langsung, namun website yang memiliki EEAT tinggi akan dianggap sebagai website yang informatif dan relevan. Nilai EEAT yang tinggi juga akan membuat website muncul dalam hasil pencarian.
Itulah penjelasan mengenai Google EEAT, fungsi, dan cara penilaiannya. Meningkatkan performa website dengan SEO memang tidak mudah. Oleh karena itu, Anda membutuhkan seseorang yang ahli dan memahami pedoman terbaru SEO.
Apabila Anda menginginkan tim SEO tanpa perlu mempekerjakan staf baru, Anda bisa menggunakan jasa agency yang berpengalaman, seperti dLogic. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.