Pentingnya Nama Brand untuk Perkembangan Bisnis

Promoting company credibility. Increasing clients loyalty. Customers conversion. Brand reputation, brand management, sales driving strategy concept. Bright vibrant violet vector isolated illustration

Untuk Kamu yang sedang membangun bisnis, jangan sampai Kamu salah ataupun gegabah dalam penamaan usahamu yah, karena ini merupakan salah satu bagian yang krusial dalam proses membangun bisnis. Mari kita kulik pentingnya Nama Brand untuk bisnis Kamu!

Nama bagi sebuah bisnis adalah hal yang sangat penting, karena nama adalah salah satu faktor pembeda dari bisnismu dengan dengan kompetitor yang bergerak di usaha sejenis.

Bayangkan jika ada di suatu kota terdapat 100 restoran yang menjual ayam bakar tanpa mencantumkan nama dari brand mereka, konsumen pasti akan kesulitan untuk memilih dan mengingat mana Restoran yang berkesan bagi mereka, restoran pun juga akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan tetap. 

Nama Brand merupakan bagian penting dalam branding bisnis,karna nama adalah identitas perusahaan. Memiliki nama juga akan membuat brand Kamu semakin mudah untuk mendapatkan awareness. Karena, jika banyak yang membicarakan nama brand mu, maka potensi bisnis untuk bisa berkembang dan semakin dikenal orang juga makin besar.

Namunbukan hanya sebagai identitas, masih banyak sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memberi nama untuk usaha kamu, mari kita bahas satu-persatu!

1. Sebagai Bentuk Identitas Bisnis yang Kreatif dan Terpercaya

Dalam bisnis, Nama adalah pesan yang ingin Kamu samapaikan ke target marketing, maka  dari itu diperlukan banyak pertimbangan sebelum menentukan nama. Apakah nama tersebut sesuai dengan jenis bisnis Kamu? berhubungan dengan bisnis yang Kamu jalani? Apakah konsumen bisa langsung mengetahui produk Kamu lewat nama yang Kamu pilih?

Kebanyakan perusahaan menggunakan nama brand yang memiliki hubungan dengan produknya, bisa lewat sejarah, lokasi tempat usaha, hingga hal unik seperti tren atau bahasa gaul yang sedang berkembang saat ini.

2. Nama Brand sebagai Pengingat untuk Menjaring Pelanggan

Kita semua tau, konsumen selalu memilih untuk membeli produk keluaran brand dengan nama yang tenar dan terkenal. Padahal, banyak bisnis lain yang menjual produk serupa namun tidak memiliki pamor sebesar brand yang memiliki nama dan branding yang bagus.Beberapa konsumen bahkan sudah tau nama brand apa yang ada di kepala mereka jika kita menyebutkan suatu produk.

Para pebisnis harus memiliki nama usaha yang menarik dan bisa melekat dipikiran pelanggan. Hal ini dikarenakan bisnis yang memiliki nama brand yang kurang populer sulit untuk berkembang dikarenakan karena bisnis yan sulit diingat, hingga tergantikan oleh kompetitor dengan nama brand yang lebih “Catchy”.

3. Nama Brand Adalah Alat Komunikasi Bisnis

Dalam semua bisnis pasti harus dibarengi dengan berbagai strategi marketing yang tiada henti, agar bisnis yang kamu jalani bisa berkembang dengan pesatkarena strategi marketing meliputi berbagai banyak faktor salah satunya brand awareness.

Namun, brand awareness bukan hanya sekedar menentukan warna dan logo semata, pelaku bisnis juga harus memberi nama pada bisnis yang ia geluti. Hal ini diperlukan agar pebisnis lebih mudah menjalankan strategi marketing. Jika Konsumen mulai mengingat, membeli, hingga mendukung usaha Kamu, itu berarti komunikasi bisnis yang Kamu jalankan terjalin dengan baik.

Baca juga : Manfaat Membangun Branding UMKM

4. Sebagai Tolak Ukur Pencapaian Bisnis

Sebagai pelaku usaha, Kita wajib memiliki sesuatu yang dapat mengingatkan Kita terhadap berbagai proses yang telah Kita lalui dalam membangun bisnis. Dengan memiliki nama serta logo pada brand yang Kamu bangun, Kamu jadi semakin mudah melihat sejauh mana progres perkembangan bisnismu. 

Contohnya, sesering apa nama brand kamu dibicarakan baik di sosial media ataupun percakapan sehari-hari , seberapa hafal orang dengan bentuk logo mu,hingga nama brand Kamu menjadi urutan pertama di benak orang-orang ketika sedang membahas produk tertentu. 

Banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapat dengan mempertimbangkan nama yang tepat untuk brand kamu. Dengan nama yang tepat, berbagai kegiatan hingga strategi hingga promosi pastinya akan jauh lebih mudah.

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia brandingHubungi kami untuk informasi lebih lanjut.