Dalam membangun bisnis di jaman sekarang, Membangun branding atau citra untuk usaha Kamu merupakan suatu hal yang penting sebagai langkah dasar dalam membangun usaha. Namun bagi para pelaku usaha UMKM,proses branding sering diabaikan karena dirasa kurang efektif, terlalu mahal, dan juga sulit dalam proses pengaplikasiannya. Namun sebenarnya, Brand yang baik tidak hanya dibangun oleh perusahaan besar yang mampu menggelontorkan banyak dana, tapi juga bisa dimiliki dan dijadikan aset yang berharga bagi para pelaku usaha kecil atau UMKM.
Kegiatan membangun citra brand atau biasa disebut branding bisa dijalankan dengan berbagai cara, bisa dimulai dari hal yang simple seperti pemilihan warna brand, pemilihan font , logo, pemilihan nama brand yang “Nyentrik” hingga memikirkan konsep pemasaran yang unik agar membuat orang memiliki ketertarikan terhadap produk Kamu. Didukung pesatnya perkembangan teknologi, target branding dari suatu brand kini bisa memiliki wilayah persebaran super luas karena sudah banyak berbagai media digital yang bisa kita gunakan.
Maka dari itu, membangun branding UMKM sifatnya lebih penting dari yang kita pikirkan selama ini. Kami sudah merangkum beberapa poin mengapa branding merupakan langkah krusial bagi pertumbuhan dan kesuksesan UMKM lewat penjelasan berikut ini:
1.Menciptakan Keunikan/Diferensiasi lewat Brand Image
Karena banyaknya pesaing antar UMKM saat ini, branding adalah bagian dari strategi penting karena dapat menciptakan keunikan dari usaha Kamu, sehingga brand kamu makin menonjol dan memiliki citra yang kuat. Kamu bisa mulai proses ini dari langkah kecil yaitu memilih elemen visual seperti logo, warna, dan font yang mencerminkan karakter usaha mu.
Membangun brand image yang kuat juga akan memberikan dampak yang signifikan baik dari segi profesionalitas dan juga daya tarik pelanggan. Brand image yang kuat akan membuat bisnis Mu terlihat profesional dan terpercaya. Usaha Kamu juga akan lebih dilirik oleh calon pelanggan karena lebih menarik dan lebih mudah untuk dihubungi.
Pelanggan bisa menjangkau kamu lewat berbagai informasi yang kamu sebarkan saat sedang melakukan kegiatan branding di banyak platform seperti media sosial, website atau kontak yang kamu cantumkan pada setiap materi branding kamu. Bisa disimpulkan, membangun brand image bisa sangat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan memudahkan pelanggan menjangkau usaha kamu.
2. Memudahkan dalam Memasarkan Produk
Salah satu poin mengapa branding sangat penting bagi para pelaku UMKM ,dikarenakan kegiatan ini sangat memudahkan Kamu melakukan pemasaran. Jika usaha Kamu lebih dikenal berkat brandingnya yang unik, Kamu juga bisa menarik lebih banyak perhatian dan minat dari pasar yang lebih luas. Selain itu, branding pun berguna untuk melakukan promosi produk secara konsisten.
Misalnya, jika brand kamu dikenal dengan makanan paling pedas, Kamu jadi semakin mudah memetakan bagaimana brand kamu akan di iklankan dan dimana mengiklankannya. Kamu bisa menggunakan 1 tema atau konsep yang sama, dan menyebarkannya ke semua platform seperti Youtube, Tiktok, Facebook, Instagram , dan berbagai media konvensional seperti majalah ataupun banner. Dengan metode ini, Kamu bisa memperoleh hasil yang lebih efisien namun dapat menciptakan hasil yang maksimal.
Jika pemasaran produk kamu efektif, hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat penjualan dan keuntungan yang dapat kamu raup. Brand image yang bagus akan menarik minat konsumen saat mereka sedang mencari produk yang sejenis dengan brand kamu.
3. Meningkatkan Value Produk Kamu
Brand yang memiliki branding yang konsisten dapat meningkatkan nilai jual dari produk maupun jasa yang Kamu tawarkan. Para pelanggan pasti akan lebih memilih produk atau jasa dari merek yang sudah terkenal dan terpercaya, walaupun banyak sekali merek-merek baru ataupun tidak terkenal yang menawarkan harga produk yang jauh lebih murah.
UMKM wajib membangun brand image yang kuat mulai dari awal bisnis tersebut berkembang. Jika kita mampu meningkatkan value produk, para pelaku bisnis UMKM dapat mematok harga yang lebih tinggi untuk produk atau jasa mereka, yang dapat meningkatkan keuntungan yang bisa didapat. karena itu, branding dapat membantu meningkatkan daya saing dan kemampuan bisnis UMKM untuk memasarkan produknya.
Baca juga :Tips membangun Personal Branding di Media Sosial
4. Membangun Jaringan Loyal Customer
Brand Image yang sudah dibangun dengan baik akan memberi rasa percaya serta aman bagi para pelanggan. Sebab, konsumen cenderung memilih produk atau jasa dari bisnis karena sudah percaya dengan citra dan reputasi yang telah dibangun. Dengan begini, para pelanggan akan tetap menggunakan produk ataupun jasa dari usaha kamu.
Maka dari itu, kegiatan branding yang baik dan konsisten akan membantu membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen dan meningkatkan kemampuan bisnis untuk mempertahankan pelanggan.branding yang kuat dan konsisten pastinya akan membuat konsumen merasa lebih yakin untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis UMKM.
Empat poin di atas bisa menjadi langkah permulaan bagi Kamu yang sedang berusaha membangun branding untuk usaha kecil dengan skala UMKM. Sampai jumpa di sesi selanjutnya!
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.