Tahun 2023 sudah mau berakhir, berbagai trend marketing yang efektif di 2023 pun sudah mulai terbaca dan terangkum alurnya. Sebagai seorang marketer, kita harus bisa membaca serta mempelajari berbagai trend yang ada agar kita bisa mendapatkan strategi marketing yang paling efektif dan dapat kita aplikasikan untuk brand Anda.
Mungkin sudah saatnya Anda mengevaluasi, apakah strategi marketing yang selama ini Anda gunakan masih efektif atau sudah ketinggalan jaman. Agar bisa lebih mudah menganalisanya, berikut kami spill beberapa referensi tren marketing 2023 yang aktif digunakan terutama di Indonesia yang mungkin bisa kamu aplikasikan di tahun 2024!
1. User Generated Content
Yang pertama adalah User Generated Content atau (UGC), yaitu konten yang diciptakan sendiri oleh konsumen atau follower brand Anda. Biasanya, konten-konten sejenis ini dibuat dalam rangka membalas/merespon konten brand yang melakukan challenge atau giveaway. Rata-rata konten yang dibuat diantaranya review produk atau konten hiburan dengan format foto dan video. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa produk, kupon, potongan harga, dan sejenisnya.
UGC adalah salah satu strategi marketing yang patut diperhatikan. Audiens mengatakan bahwa UGC mempengaruhi keputusan mereka dalam menilai suatu brand. Hal ini karena UGC dapat meningkatkan interaksi serta nilai kedekatan antara brand dengan para audiens.
2. Pengumpulan Data Konsumen
Tren selanjutnya berkaitan erat dengan bagaimana cara brand memperoleh dan mengumpulkan data konsumen. Kini, semua orang semakin peduli dan sadar akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi. padahal big data merupakan salah satu bagian yang dibutuhkan oleh brand untuk menentukan keputusan bisnis.
Maka dari itu, para pelaku usaha diprediksi akan semakin giat melakukan strategi marketing yang variatif dan kreatif dalam menjaring data untuk kebutuhan perusahaan, baik melalui, form, survei , maupun approach langsung ke customer
3. Hyper Personalization
Anda pasti paham bahwa personalisasi adalah suatu keharusan ketika membangun strategi marketing agar kampanye Anda bisa menjangkau audiens yang tepat. Namun, ternyata ada cara lain untuk membuat konten Anda dapat menjangkau audiens yang jauh lebih relevan dengan kebutuhan dan minat mereka. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur hyper-personalization di beberapa platform yang Anda miliki, fitur tersebut akan merekomendasikan berdasarkan riwayat pencarian pengguna.
Hyper-personalization ini dapat Anda lihat contohnya pada tiktok, di mana mereka akan merekomendasikan video berdasarkan riwayat video yang sering kita tonton. Jika Anda sering melihat video tutorial masak, maka yang akan muncul di beranda Anda kebanyakan adalah video tutorial memasak.
Baca juga : Google EEAT: Definisi & Fungsinya untuk SEO
4. Konten Video
Konten video marketing termasuk ke dalam marketing trends yang cukup populer di tahun 2023. Karena, konsumsi video di perangkat mobile terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan penggunaan sosial media yang semakin aktif dilakukan serta platform sosial media yang semakin beragam. Anda bisa mulai aktif melancarkan strategi marketing di Facebook dan Instagram. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya di TikTok!
Anda bisa mulai membuat konten dengan melihat tren yang sedang berkembang, contohnya konten tutorial memasak, konten hiburan seperti sketsa komedi, atau review produk brand Anda. Target audiens juga cenderung lebih tertarik untuk berinteraksi dengan konten yang berbentuk video.
Diperkirakan tren ini akan tetap efektif jika digunakan sebagai strategi marketing untuk berbagai platform di tahun depan.
5. Internet of Things
Internet of Things (IoT) merupakan istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan konsep terhubungnya berbagai perangkat dengan internet. Contohnya seperti smartwatch dan smartphone.
Salah satu titik balik meningkatnya tren penggunaan IoT adalah perkembangan teknologi 5G. Teknologi ini didesain untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan koneksi yang lebih cepat dan lebih bisa diandalkan.
Dengan pesatnya perkembangan IoT, strategi digital marketing pun bisa bergeser. Dari yang awalnya hanya terbatas perangkat smartphone dan laptop saja, sekarang bisa juga di aplikasikan ke perangkat lain. Di masa yang akan datang, diprediksi bahwa semakin banyak iklan atau layanan di perangkat-perangkat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.
Semoga pembahasan di atas bisa menginspirasi Anda kedepannya. Untuk menjalankan berbagai prediksi strategi marketing diatas, Anda membutuhkan staff yang ahli . jika anda membutuhkan tim marketing tanpa perlu mempekerjakan staf baru, Anda bisa menggunakan jasa agency yang berpengalaman, seperti dLogic. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.