Aktivitas branding lewat platform website merupakan salah satu langkah penting bagi pelaku para pelaku usaha yang masih membangun brand awareness untuk bisnis yang sedang dijalani. Dengan penggunaan yang efisien dan tepat, maka website bisa berfungsi sebagai media untuk melancarkan berbagai kampanye dan promosi serta menciptakan nilai kredibilitas suatu brand di hadapan publik dengan biaya yang cukup terjangkau.
Strategi branding lewat website sangat penting dilakukan bagi setiap perusahaan. Karena, teknik marketing sekarang sudah banyak beralih ke ranah online. Website dapat digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya profile perusahaan, portfolio, blog, bisnis online, media online, crowdfunding dan salah satu yang terpenting adalah membangun citra atau branding perusahaan. Berikut mari kita bahas lebih dalam keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membangun website untuk branding!
Mengapa Branding Website Penting?
Ada beberapa alasan yang membuat Anda wajib menerapkan strategi untuk membangun branding website, diantaranya :
Penguatan Kredibilitas Brand.
Website yang dibangun dengan desain yang bagus dan memiliki tampilan serta interface yang mudah penggunaannya akan mempengaruhi penilaian audiens terhadap reputasi dan kredibilitas dari brand pemilik website. Hal ini sangat penting kedepannya jika Kamu ingin membangun kampanye dan serta promosi dalam bisnis yang memiliki pasar saing tinggi.
Akses Interaksi yang Mudah bagi Pelanggan.
Memiliki Website yang bagus dan terpercaya bisa diandalkan sebagai media pelayanan yang optimal, di mana siapa saja yang terpengaruh dengan kampanye dan iklan Kamu. Mereka juga bisa melakukan transaksi dengan mudah,serta berkomunikasi mengenai produk dan mendapatkan informasi yang bermanfaat. Ini sangat bagus untuk menambah citra baik brand Kamu.
Dengan melakukan optimalisasi website kamu untuk branding , kamu akan membuat keberadaan brand kamu semakin mudah diketahui oleh calon customer Kamu. Perhatian yang besar dari publik akan membuka peluang untuk melancarkan berbagai kampanye dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak uang dan energi.
Ketika Kamu sudah paham tentang banyaknya manfaat dari kegiatan branding website, saatnya kita memahami dasar yakni bagaimana membangun website kamu agar bisa dijadikan sebagai media untuk membangun brand awareness. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, yaitu :
Bangun Identitas yang Jelas
Jika kamu membuat konten yang menarik, maka pengunjung yang suka akan penasaran dengan brand yang menaungi website tersebut. Rasa penasaran mereka akan terpuaskan dengan keberadaan profil brand yang diisi dengan lengkap, portofolio yang di display dengan rapi, serta info terkait brand yang disajikan secara informatif.
Tentukan Brand Personality di Website
Brand personality berkaitan dengan image seperti apa yang ingin kamu tampilkan kepada konsumen. Apakah yang menyenangkan, lucu, solutif, terpercaya atau terlihat tegas dan resmi? Semua itu harus kamu pertimbangkan sebelum website kamu dibangun.
Kamu dan tim juga bisa menguraikan secara rinci tentang bagaimana desain atau tampilan web ingin disuguhkan , bentuk serta penempatan logo yang simpel dan mewakili identitas perusahaan, hingga menetapkan warna dasar sebagai tampilan background pada website brand. Jangan lupa untuk mengatur tata letak website dimulai dari pages dan icon agar website mudah diakses dan membuatnya menjadi “ramah” pengunjung.
Menjadi Kreatif
Jika Kamu ingin serius membangun brand awareness di website maka mindset utama yang harus kamu punyai adalah keinginan untuk selalu kreatif dalam mengeluarkan ide-ide segar dan unik untuk mempromosikan brand bisnis onlinemu.
Konten website sebagai cara membangun brand awareness di website tidak hanya harus tepat sesuai aturan namun juga harus menarik! Karena kita mempunyai mindset kreatif, maka produksilah konten dengan ide segar yang dapat membuat orang tertarik.
Kamu bisa menggunakan fitur “Blog” dan mengisinya dengan berbagai artikel, gambar, video dan konten kreatif lainnya. Gunakan kata kunci yang khusus dan terperinci agar konten Kamu bisa mudah terdeteksi di mesin pencari. Artinya, Kamu juga harus memikirkan kata kunci yang tepat, teknik penulisan artikel yang natural, agar konten kamu bisa mudah ditemukan dan menarik untuk dinikmati.
Baca juga : Apa itu Marketing 5.0? Berikut Penjelasannya
Lakukan Optimalisasi Web untuk Kenyaman Maksimal
Kelola website Kamu agar nyaman dan bisa pengunjung dengan baik. Usahakan agar, website kamu tidak mudah down, tidak lemot, memiliki keamanan yang terjain serta menciptakan kenyamanan pengunjung lewat tampilan yang mudah serta alur transaksi yang jelas. Cobalah untuk lebih interaktif seperti membalas komentar pelanggan sehingga selalu terbangun rasa percaya dan membuat mereka menjadi nyaman untuk mengunjungi website hingga berbisnis dengan brand Kamu.
Optimasi SEO Blog Agar Masuk Pencarian
Udah bikin konten cakep-cakep tapi ga ada yang liat? Nah, sekarang bagaimana orang banyak melihat kontenmu. Selain menyuguhkan kreativitas dan relevansi dalam pembuatan konten, Kamu juga harus mempunyai tujuan agar konten di website bisa menjadi nomor satu di Search Engine Page Result (SERP).
Search Engine Page Result merupakan halaman hasil pencarian Kamu di Google. Misalnya, ketika Kamu mengetik beberapa keyword yang ingin Kamu ketahui informasinya di internet. Maksimalkan usaha Kamu agar website berada di halaman 1 SERP. Mendapatkan peringkat teratas di Google dapat meningkatkan visibilitas website bisnis Anda lebih tinggi. Ini dapat meningkatkan traffic kunjungan sehingga tujuan website tercapai. Baik itu untuk branding, marketing, hingga transaksi.
Begitu banyak cara untuk menjadikan website mu sebagai media branding, jika kamu memperhatikan dan menerapkan langkah-langkah diatas dengan tekun serta konsisten, dijamin website Kamu bisa naik hingga keperingkat utama pencarian Google, semangat!
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.