Pahami Brand Persona untuk Perkembangan Bisnis Kamu!

Personal Branding Social Media

Brand persona adalah karakteristik sebuah brand yang di personifikasi layaknya seseorang yang bertujuan untuk mempermudah presentasi brand, serta cara pengenalan brand Kamu secara lebih jelas dan realistis.

Memiliki brand persona yang otentik penting banget loh, ini bisa membantu menjalin kepercayaaan dan memelihara hubungan baik antar konsumen.

Kepribadian brand atau yang biasa kita sebut brand persona, adalah faktor yang dapat membuat konsumen merasa lebih dekat dengan brand kamu, yang tentunya akan membuat brand semakin mudah diingat dan otomatis jadi penentu kesuksesan bisnis kamu.

Brand yang terjun tanpa persona ataupun brand yang salah dalam memilih persona acap kali sulit atau bahkan tidak bisa melakukan pendekatan dan meyakinkan konsumen untuk memilih brand mereka serta menggeser persona kompetitor dari benak konsumen.

Membangun persona bagi brand juga bisa memberikan nilah tambah yang dapat menonjolkan keunggulan brand Kamu pada pada pelanggan yang tidak dimiliki brand lain.

Brand persona bisa ditunjukan dan dikenalkan lewat berbagai elemen, seperti tone of voice baik saat menyampaikan informasi perusahaan maupun berkomunikasi dengan pelanggan, kebijakan layanan yang diberikan ke pelanggan bisnis, hingga visual seperti warna, motif hingga karakter atau ikon tertentu.

Jika kita telaah lebih dalam, persona yang bisa kita ciptakan untuk brand bisa kita bagi atas 5 tipe brand personality. Setiap merek pasti memiliki 1 atau bahkan kombinasi dari kelimanya untuk dapat menciptakan kepribadian yang unik menarik dan pastinya cocok dengan target pasar mereka. 5 tipe tersebut diantaranya : 

Sincerity : Bersifat jujur, autentik, membawa kebaikan dan peduli terhadap konsumen serta bersifat positif, beberapa poin dari sincerity mengarah ke nilai-nilai kekeluargaan yang menunjukkan kesederhanaan dan kepedulian sosial.

Ruggedness : persona ini memiliki penggambaran brand yang bersifat kuat, aktif, tangguh serta penuh keberanian. Brand yang menggunakan persona ruggedness biasanya bergerak di industri yang berkaitan dengan dunia otomotif, perlegkapan pria hingga olahraga, hal ini dilakukan barena persona ini memiliki persona yang berani, gagah dan penuh ketangguhan

Excitement : persona ini dimiliki brand yang dapat membakar semangat, kegembiraan, serta kesenangan yang menggebu-gebu. Persina excitement cenderung bebas, dinamis, memiliki semangat yang berapi-api serta ekspresif.

Sophistication : merupakan persona yang memiliki penggambaran kemewahan, keanggunan, indah serta sempurna. Hal ini menjadikan Sophistication sebagai persona yang banyak digunakan oleh brand-brand luxury goods seperti Chanel, Rolex, dan Prada.

Competence : terakhir adalah competence yang merupakan persona dengan penggambaran sifat efisien, profesional, serta kompeten. Persona ini banyak digunakan oleh brand yang ingin menunjukkan pribadi yang memunculkan kesan kesuksesan, leadership , serta reliable.

Mengapa Wajib Hukumnya Paham Brand Personality?

1.Elemen Penting dari Pengembangan Brand Story

Brand story merupakan salah satu elemen yag penting untuk mendorong ketertarikan konsumen untuk melirik brand kita dibanding kompetitor. Kebanyakan konsumen melakukan keputusan pembelian sesuai dengan nilai-nilai yang mereka percayai.

Dengan pemilihan persona yang sesuai serta penyampaian yang tepat, Kita dapat menyentuh emosional konsumen dan menarik atensi mereka untuk melirik, membeli, hingga mendukung brand Kamu.

 2.Kunci Loyalitas Konsumen

Dengan membangun persona yang baik serta terstruktur dan konsisten, Brand akan menjalin keterikatan emosional dengan konsumen dan kedekatan tersebut akan membentuk konsumen yang cenderung loyal. Ini sangat bagus bagi brand jika dilakukan dalam jangka panjang karena dapat membantu brand tetap eksis di tengah pasar persaingan.

Baca juga : Manfaat Membangun Branding UMKM

3.Jadi Pembeda di tengah Persaingan

Persona yang dibangun secara unik dapat menarik perhatian calon konsumen serta menjadi pembeda antara usaha Kamu dengan pesaing. Hal ini dapat mendongkrak daya saing perusahaan dan bisa juga menjadi kunci kemenangan persaingan di pasar.

Membangun brand persona bukanlah perkara yang mudah, Kamu harus benar-benar mengenali brand kamu dan menyusunnya menjadi suatu identitas yang dapat merepresentasikan berbagai pesan dari brand mu secara unik. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu!

Ingin membahas lebih dalam terkait brand persona dan mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.